SILABUS
PEMBELAJARAN
NAMA
SEKOLAH : MI BOJONGDUREN
|
Mata
Pelajaran : ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS)
|
Kelas /
Semester : V / I
|
Standar
Kompetensi : 1. Menghargai berbagai peninggalan dan tokoh sejarah yang
berskala nasional pada masa Hindu-Budha dan Islam, keragaman kenampakan alam
dan suku bangsa serta kegiatan ekonomi di Indonesia
|
KOMPETENSI
DASAR
|
MATERI
POKOK /
PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI
|
PENILAIAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
SUMBER
BELAJAR/
ALAT
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
1.1. Mengenal
makna peningga-lan-pening-galan
sejarah yang berskala nasional dari masa Hindu- Budha, dan Islam di Indonesia
|
§ Makna
peninggalan-peninggalan sejarah yang berskala nasional dari masa Hindu-Budha,
dan Islam di Indonesia
|
§ Dengan berdiskusi siswa
menyusun daftar peninggalan sejarah yang bercorak Hindu-Budha dan Islam
§ Melalui diskusi siswa
menyebutkan daftar peninggalan sejarah yang bercorak Hindu-Budha dan Islam di
Indonesia
§ Melalui tanya jawab
siswa menceritakan berbagai peninggalan sejarah yang bercorak Hindu-Budha dan
Islam di Indonesia
§ Dengan ceramah
bervariasi siswa diharapkan dapat melestarikan peninggalan sejarah yang
bercorak
§ Hindu-Budha dan Islam di
Indonesia
|
§ Menyusun daftar
peninggalan sejarah yang bercorak Hindu-Budha dan Islam yang ada di Indonesia
§ Membuat daftar
peninggalan sejarah yang bercorak Hindu-Budha dan Islam yang ada di Indonesia
§ Menceritakan peninggalan
sejarah yang bercorak Hindu-Budha dan Islam yang ada di Indonesia
§ Melestarikan peninggalan sejarah yang bercorak
Hindu-Budha dan Islam yang ada di Indonesia
§ Menunjukkan letak
peninggalan sejarah Hindu – Buddha me- lalui peta
§ Mengelompokkan
peninggalan sejarah sesuai kelompok agamanya
§ Membuat laporan hasil
kunjungan ke tempat bersejarah
§ Mendiskusikan hasil
kunjungan ke tempat bersejarah
|
Tertulis
|
Uraian
|
Jelaskan pening-galan sejarah yang berskala nasional dari masa Hindu- Budha, dan Islam di Indonesia
|
12 x 35
menit
pert 1 - 4
(4 minggu)
|
Buku IPS klas V
Asy’ari Erlangga
Gambar candi dan
masjid
|
1.2. Menceritakan tokoh-tokoh sejarah pada masa
Hindu-Budha, dan Islam di Indonesia
|
§ Tokoh-tokoh sejarah pada
masa Hindu-Budha, dan Islam di Indonesia
|
§ Menceritakan tokoh-tokoh
sejarah pada masa Hindu-Budha, dan Islam di Indonesia
§ Menyebutkan tokoh-tokoh
sejarah pada masa Hindu-Budha, dan Islam di Indonesia
§ Menjelaskan dan
mengelompokkan tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu-Budha, dan Islam di
Indonesia
§ Menjelaskan dan membandingkan
tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu-Budha dan Islam di Indonesia
|
§ menceritakan
tokoh-tokoh sejarah pada masa
Hindu-Budha, dan Islam di Indonesia
§ Menyebutkan
tokoh-tokoh sejarah pada masa
Hindu-Budha, dan Islam di Indonesia
§ Mengelompokkan tokoh-
tokoh sejarah pada masa Hindu- Budha, dan Islam di Indonesia
§ Membandingkan
tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu-Budha, dan Islam di Indonesia
|
Tertulis
|
jawab
singkat
|
Sebutkan
tokoh-tokoh sejarah pada masa
Hindu-Budha, dan Islam di Indonesia
|
9 x 35 menit
pert 5 - 7
(3 minggu)
|
Buku IPS klas V
Asy’ari Erlanga
Gambar
tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu-Budha, dan Islam di Indonesia
|
1.3. Mengenal keragaman kenampa-kan alam dan buatan serta
pembagi-an wilayah waktu di Indonesia
dengan menggunakan peta/atlas/globe dan media lainnya
|
§ Keragaman kenampakan
alam dan buatan
§ Pembagian wilayah waktu di Indonesia dengan peta/atlas/globe
dan media lainnya
|
§ Menggambarkan peta
Indonesia dengan memberi simbol-simbol
§ Menjelaskan ciri-ciri
kenampakan alam dan buatan dengan menggunakan peta
|
§ Menggambar peta
Indonesia dengan memberi simbol
§ Menyebutkan ciri-ciri
kenampakan alam dan buatan
§ Menunjukkan pada peta
pembagian wilayah waktu di Indonesia
|
Tertulis
|
jawab
singkat
|
Sebutkan ciri-ciri
kenampakan alam dan buatan
|
12 x 35 menit
pert 8 - 11
(4 minggu)
|
Buku IPS kelas V
Asy’ari Erlangga
Peta Indonesia
Globe, dll
|
1.4. Menghargai keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia
|
§ Keragaman suku bangsa
dan budaya di Indonesia
|
§ Menjelaskan dengan peta
persebaran daerah asal suku bangsa di Indonesia
§ Dengan ceramah
bervariasi guru menjelaskan sikap menghormati keragaman suku bangsa dan
budaya di Indonesia
§ Menyebutkan keragaman
budaya di Indonesia
§ Menyebutkan macam-macam
suku bangsa di Indonesia
|
§ Menemutunjukkan pada
peta persebaran daerah asal suku bangsa di Indonesia
§ Mengembangkan sikap
menghormati keragaman suku bangsa dan budaya
§ Mengidentifikasi keragaman budaya yang terdapat di Indonesia
§ Menyebutkan macam-macam
suku bangsa di Indonesia
|
Tertulis
|
jawab
singkat
|
Jelaskan dengan peta
persebaran daerah asal suku bangsa di Indonesia
|
9 x 35
menit
pert 12 -
14
(3 minggu)
|
Buku IPS kelas V
Asy’ari Erlangga
Peta Indonesia
Gambar-gambar keanekaragaman suku bangsa dan budaya
|
1.5.
Mengenal jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi di
Indonesia
|
§ Jenis-jenis usaha dan
kegiatan ekonomi di Indonesia
|
§ Menyebutkan jenis-jenis
usaha perekonomian dalam masyarakat Indonesia
§ Menyebutkan contoh usaha
yang dikelola sendiri dan kelompok
§ Menjelaska cara-cara
menghargai kegiatan orang dalam usaha
|
§ Menyebutkan jenis-jenis
usaha perekonomian dalam masyarakat
Indonesia
§ Memberi contoh usaha
yang dikelola sendiri dan kelompok
§ Memberikan contoh cara
menghargai kegiatan orang dalam usaha
§ Memberi contoh kegiata
produksi, distrbusi, dan konsumsi di Indonesia
|
Tertulis
|
jawab
singkat
|
Sebutkan jenis-jenis
usaha perekonomian dalam masyarakat
Indonesia
|
12 x 35 menit
pert 15-17
(3 minggu)
|
Buku IPS Kelas V
Asy’ari Erlangga Gambar-gambar kegiatan ekonomi
Jenis usaha
perekonomian
|
& Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline
), Rasa hormat dan perhatian ( respect ),
Tekun ( diligence ) , Jujur (
fairnes ) dan Ketelitian ( carefulness)
|
Mengetahui,
Kepala MI
Bojongduren
IYAY LUSIANA,
S.Ag
NIP. 196805191992032001
|
|
Sukabumi,
Agustus 2012
Guru Mapel
IPS.
SEPTA RAJIB
BAGJA
NIP / NIK :
........................................
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah
: MI BOJONGDUREN
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/Semester : V/I
Alokasi
Waktu : 2 jam pelajaran @ 35 menit
I.
Standar Kompetensi
1.
Menghargai berbagal peninggalan dan sejarah yang berskala nasional pada
masa Hindu-Budha, dan Islam, keragaman kenampakan alam dan suku bangsa serta
kegiatan ekonomi di Indonesia
II.
Kompetensi Dasar
1.1 Mengenal makna peninggalan-peninggalan
sejarah yang berskala nasional dan masa Hindu-Budha, dan Islam di Indonesia
III. Tujuan Pembelajaran**
¨ Siswa dapat Mengenal makna peninggalan-peninggalan sejarah yang berskala nasional dan
masa Hindu-Budha, dan Islam di Indonesia
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian
(respect ), Tekun ( diligence ) , Jujur ( fairnes ) dan
Ketelitian ( carefulness)
IV.
Materi Pokok
§ Makna peninggalan-peninggalan sejarah yang
berskala nasional dan masa Hindu-Budha, dan Islam di Indonesia
V. Langkah-Langkah Pembelajaran
· Kegiatan awal
F Mengajak
semua siswa berdoa sesuai dengan agama, presensi, apersepsi dan kepercayaan
masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
· Kegiatan inti
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F Menjelaskan
daftar peninggalan sejarah yang bercorak Hindu-Budha dan Islam di Indonesia
F Menjelaskan
dan menceritakan beberapa peninggalan sejarah yang bercorak Hindu-Budha dan
Islam dl Indonesia
F Menjelaskan
cara-cara melestarikan dan memberi makna peninggalàn yang berskala nasional dan
masa Hindu-Budha dan Islam di Indonesia
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F memfasilitasi
peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang
dihasilkan;
F memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
·
Kegiatan
Penutup
Dalam kegiatan
penutup, guru:
F melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
F merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
VI. Alat Dan Sumber Bahan
§ Alat Peraga : Gambar candi borobudur,
candi prambanan, masjid, dll
§ Sumber :
Buku IPS kelas V
Buku
yang relevan
VII. Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
§ Menyusun daftar peninggalan sejarah yang
bercorak Hindu-Budha dan Islam yang ada di Indonesia
§ Membuat daftar peninggalan sejarah yang
bercorak Hindu-Budha dan Islam yang ada di Indonesia
§ Menceritakan peninggalan sejarah yang
bercorak Hindu-Budha dan Islam yang ada di Indonesia
§ Melestarikan peninggalan sejarah yang bercorak
Hindu-Budha dan Islam yang ada di Indonesia
§ Menunjukkan letak peninggalan sejarah
Hindu – Buddha me- lalui peta
§ Mengelompokkan peninggalan sejarah
sesuai kelompok aga- manya
§ Membuat laporan hasil kunjungan ke
tempat bersejarah
§ Mendiskusikan hasil kunjungan ke tempat
bersejarah
|
Tertulis
|
Uraian
|
Jelaskan pening-galan
sejarah yang berskala nasional dari masa Hindu- Budha, dan Islam di Indonesia
|
Format Kriteria Penilaian
& Produk (
hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua
benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
*
semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Pengetahuan
Sikap
|
*
Pengetahuan
*
kadang-kadang Pengetahuan
*
tidak Pengetahuan
*
Sikap
*
kadang-kadang Sikap
*
tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
Lembar
Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah
skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk
siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui,
Kepala MI Bojongduren
IYAY LUSIANA, S.Ag
NIP. 196805191992032001
|
|
Sukabumi,
Agustus 2012
Guru Mapel
IPS.
SEPTA RAJIB BAGJA
NUPTK. 1148768669110013
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar